profil negara maju dan negara berkembang


 
India hingga kini masuk dalam kategori negara berkembang, antara lain karena:
·         Tingginya tingkat pertumbuhan dan beban ketergantungan penduduk.
·         Tingginya tingkat pengangguran.
·         Kurangnya pendidikan dan peningkatan kualitas SDM.
·         Kurangnya pengolahan SDA yang melimpah secara maksimal.
Secara astronomis India terletak pada 8°04’ LU - 37°18’ LU dan 68°07’ BT - 97°24’ BT, dengan wilayah seluas 3.165.596 km². Sedangkan secara geografis, India berbatasan dengan:
·         RRC, Nepal, dan Bhutan                        : Utara
·         Bangladesh, Myanmar, dan Teluk Benggala       : Timur
·         Sri Langka, dan Samudra Hindia                : Selatan
·         Pakistan dan Laut Arab                        : Barat

Keadaan Alam
Alam di negara India berupa pegunungan, lembah, dataran tinggi, juga dataran rendah.  Pantai di India sebelah barat disebut Pantai Malabar, sedangkan di sebelah timur dinamakan Pantai Coromandel. Di India terdapat beberapa sungai yag digunakan untuk irigasi, antara lain sungai Godavari, Krishna, dan Mahanadi.

Iklim
India beriklim subtropis, yaitu:
·         Bulan Oktober sampai Februari mengalami musim dingin dengan suhu rata-rata 15°C untuk daerah utara dan 24°C - 27°C di daerah selatan.
·         Bulan Maret sampai Mei, musim panas dengan suhu mencapai 30°C.
·         Bulan Juni sampai September suhu udara dapat mencapai 32°C hingga 44°C.

Budaya
Budaya India dibuktikan dengan bangsa Dravida yang membangun kota dan bangunan beraksitetur baik dan bagus. Budaya India kental akan agama Hindu yang berasal dari bangsa Arya dan Dravida. Selain bangunan, sastra dan kesenian India merupakan budaya yang sangat berkembang. Salah satu bukti keindahan dan kemegahan kesenian negara India, adalah kuil Taj Mahal yang dibangun oleh Kaisar Jehan dan menjadi salah satu keajaiban dunia.

Penduduk
India memiliki 3 suku bangsa utama yaitu bangsa Dravida, Arya, dan Mongol. Bangsa Davida merupakan penduduk asli India, sedangkan bangsa Arya merupakan bangsa yang penduduknya terbesar di India, sedangkan bangsa Mongol yang berasal dari Cina jumlahnya paling sedikit diantara bangsa lainnya. Agama penduduk India sebagian besar Hindu, lalu agama Islam, Kristen, Budha Sikh,  dll. Kini bahasa resmi India adalah Hindi dan Inggris dengan mata uang adalah Rupee.

Bentuk Pemerintahan
India merupakan negara Republik Federal dengan kepala negara seorang Presiden dan kepala pemerintahannya Perdana Menteri. DPR India terdiri dari Presiden, Dewan Rakyat, dan Dewan Negara.

Perekonomian
Sebagian besar mata pencaharian negara India adalah bertani. Sejak tahun 1960, India melakukan “Revolusi Hijau”, lahan pertanian banyak ditanami bahan pangan seperti padi, gandum, dan shorgum, juga tanaman lainnya. Peternakan juga merupakan mata pencaharian yang menonjol. Beternak kambing dan domba di India diutamakan untuk menghasilkan wol. India seperti negara lainnya juga melakukan pertambangan, dengan hasil utama mangan dan biji besi. India juga melakukan perindustrian. Industri utama adalah industri tekstil, namun jenis industri lain juga dilakukan. Selain itu, perdagangan di India banyak menjalin hubungan dengan Amerika, negara-negara Eropa, dan Jepang.

Negara maju amerika serikat :

Amerika Serikat .... dikatakan sebagai negara maju karena beberapa indikator telah dipenuhi antara lain :

1.Perkembangan sektor Industri meningkat sangat pesat

2.Didukung oleh SDM yg berkualitas (kemajuan ilmu pengetahuan, tekhnologi dengan kecanggihan informasi) yang mampu mengelola potensi sumber daya alam untuk kemakmuran rakyat dan negaranya

3. Kondisi perekonomian AS yang mengembangkan sistem kompetisi sehingga tidak terjadi penguasan ekonomi pada golongan tertentu seperti monopoli kegiatan usaha, dll

4.Pendapatan perkapitanya pada umumnya lebih tinggi dari pada negara berkembang.

5.Rakyat negara maju pada umumnya tidak mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan dasar terutama pendidikan, kesehatan, perumahan

7. Pada umumnya negara maju menerapkan prinsip dasar kehidupan sehari-hari dengan berpikiran positif menuju pada kemajuan, seperti taat pada aturan yang berlaku, bertanggungjawab, jujur, menghormati HAM, hukum, dan hak orang lain, cinta produk negaranya, berusaha menabung dan investasi serta sangat menghargai kreativitas, hasil kerja dan pekerjaannya sendiri.

    Oleh karena Amerika Serikat dikategorikan sebagai negara dg sektor perindustrian meningkat pesat karena memiliki SDM yg berkualitas dan mampu mengelola SDA dg baik serta memiliki kemajuan di bidang ilmu pengetahuan dan tekhnologi; Pasar dan informasi sempuna : Kondisi perekonomian negara maju lebih berkopetisi sehingga tidak dikuasai oleh usaha monopoli, oligopoli, monopsoni, & oligopsoni; Kemajuan tingkat ilmu pengetahuan dan tekhnologi : Ilmu pengetahuan & tekhnologi umumnya lebih tinggi dan berkualitas negara maju dari pada negara berkembang; 3. Pendapatan perkapita : Akibat dari majunya tingkat pendidikan membuat negara maju memiliki pendapatan lebih tinggi dari pada negara berkembang. Contoh : Negara maju > 9656 $ U.S.A Negara berkembang 786-3125 $ U.S.A; 4. Kualitas Hidup tinggi : Tingginya tingkat penghasilan, masyarakat tdk mengalami kesulitan untuk memenuhi kebutuhan pokok, pendidikan, kesehatan, dll; 5. Prinsip negara maju : a. Etika, Sbg Prinsip dasar kehidupan Sehari-hari. b. Kejujuran dan integritas. c. Bertanggung jawab. d. Hormat pada aturan, hukum, dan masyarakat. e. Menghormati hak-hak orang lain f. Cinta pada pekerjaan. g. Berusaha keras menabung dan berinvestasi.

Negara mexico :
Perkapita lk  US $ 3.470, di dukung oleh beberapa sektor berikut:
1.     Pertanian. Daerah pertanian terbesar di Delta Rio Grande dan Rio Drl Fuerto. Hasilnya  kopi, tembakau, buah, gandum, kapas, tomat, tebu dll
2.     Perikanan, terbesar di lakukan di teluk Califfornia meluas sampai Pasifik. Hasilnya ikan tuna, udang dan sardin.
3.     Pertambangan. Disepanjang pantai timur banyak menghasilkan batu kapur, tembaga, perak (terbesar di dunia), minyak bumi dan gas alam. Minyak bumi dan gas alam di Tampico (sekitar teluk Meksiko
4.     Industri. Pusat-pusat industri di Mexico city, Guadalajara (iindustri kulit, gelas,keramik), Puebla (industri tenun). Monterey (penhasil besi baja dan pusat industri modern)

Jepang merupakan negara kepulauan yang terletak di kawasan Asia Timur, tepatnya di sebelah Timur daratan Semenanjung Korea. Secara astronomis, Jepang berada antara 30°LU - 46°LU dan 128°BT - 179°BT. Luas negara ini sekitar 377.837 km² dengan jumlah penduduk mencapai 127.333.000 jiwa. Berdasarkan kedua indikator tersebut, rata-rata kepadatan penduduk Jepang sekitar 323 jiwa/ km². Sebagai negara kepulauan, Jepang memiliki beberapa pulau besar sebagai pulau utama, yaitu Honshu (pulau terluas sekaligus letak ibukota Jepang, Tokyo), Hokkaido, Kyushu, dan Shikoku. Selain itu, terdapat lebih dari 3.000 pulau kecil yang mengelilinginya. Di bidang perekonomian, Jepang banyak memegang peran penting, pendapatan perkapitanya yang tinggi (mencapai 31.410 US dollar) serta kestabilan mata uangnya mengantarkan Jepang sebagai salah satu negara maju di kawasan Asia. Di percaturan dunia, Jepang, Singapura, dan Korea Selatan mendapat julukan “Macan Asia” karena kemampuan negara - negara tersebut dalam memperkukuh pengaruh perekonomiannya di kawasan Asia.
jepang Negara maju:

Berikut ini beberapa bentuk kemajuan Jepang di berbagai bidang :
Kemajuan Di Bidang Pertanian
Daratan Jepang banyak terdapat gunung dan pegunungan, sehingga topografinya relatif kasar. Kondisi ini menyebabkan Jepang memiliki luas wilayah pertanian yang tidak begitu luas, yaitu hanya ± 16% dari seluruh wilayah daratannya. Akan tetapi, meskipun luas wilayah pertaniannya relatif sempit, Jepang ternyata mampu menghasilkan produk pertanian yang berkualitas. Hal ini dipengaruhi oleh kesuburan tanah dan kemampuan sumber daya manusia dalam mengolah dan berinovasi di bidang pertanian, terutama dalam pemanfaatan teknologi dalam menciptakan varietas - varietas baru unggulan, pupuk, alat - alat pertanian dan obat - obatan. Hasil - hasil pertanian Jepang antara lain padi, kentang, jagung, sayur - sayuran, teh, jeruk, dan apel.

Kemajuan Di Bidang Perikanan dan Peternakan
Ikan merupakan bahan makanan kegemaran mayoritas penduduk Jepang. Oleh karena itulah pemenuhan akan konsumsi ikan (terutama ikan laut) di Jepang sangat tinggi. Hal ini didukung oleh adanya pertemuan arus hangat dan arus dingin (Kurosyiwo dan Oyasyiwo) di perairan Jepang yang kaya akan ikan. Hasil - hasil perikanan Jepang meliputi ikan salmon, makarel, tuna, hiu, haring, dan paus. Kesemuanya itu sebagian dikonsumsi langsung dan sebagian lagi diolah sebagai makanan kaleng. Adapun peternakan yang banyak berkembang di Jepang adalah peternakan babi, ayam, dan sapi.
Kemajuan Di Bidang Industri
Jepang merupakan negara industri besar. Bahkan saat ini Jepang menduduki peringkat kedua setelah Amerika Serikat sebagai negara industri besar di dunia. Produk industri Jepang telah tersebar ke berbagai pelosok dunia. Produk - produk tersebut meliputi produk permainan, barang elektronik, mobil/otomotif, obat - obatan/bahan kimia, tekstil, bahan makanan olahan, semen, kertas dan barang cetakan, kamera, dan alat transportasi. Bahkan, saat ini hasil industri otomotif Jepang merupakan hasil industri otomotif terbesar dunia. Hasil pembangunan negara Jepang di bidang industri ini sangat luar biasa, mengingat Jepang miskin sumber bahan mineral, sehingga sebagian besar bahan baku industri tersebut diimpor dari negara lain, termasuk dari Indonesia.
Kota - Kota Utama Jepang :

1.     Tokyo, merupakan ibukota Jepang, sekaligus sebagai pusat pemerintahan, perdagangan, dan pendidikan bertaraf internasional.
2.     Osaka, merupakan kota terbesar kedua Jepang, sekaligus sebagai pusat industri tekstil.
3.     Nagoya, merupakan pusat industri pesawat terbang, otomotif, lokomotif, dan industri besar lainnya. Keberadaan kota ini oleh orang Jepang dianggap sebagai “ibukota” Jepang di wilayah tengah.
4.     Kyoto, merupakan ibukota Jepang hingga tahun 1868, kota ini sekarang berkembang sebagai pusat pendidikan dan kebudayaan.
5.     Ginza, merupakan pusat hiburan, bisnis, dan perdagangan bertaraf internasional.

1 komentar:

  1. Krisna Sathya mengatakan...:

    kunjungi blog saya

    krisnasathya.blogspot.com

Poskan Komentar